Minggu, 17 Agustus 2014

(Google.com)



Minggu, 17 Agustus 2014 Republik Indonesia genap berumur 69 Tahun. Dirgahayu Republik Indonesia ini pun turuk diperingati oleh satu perusahaan raksasa Teknologi, Google melalui tampilan khusus doodle.

Dari gambar jelas terlihat 7 orang anak dengan masing-masing menggunakan pakaian adat yang berbeda, 2 anak yang mengenakan seragam Sekolah Dasar sedang mengibarkan bendera Merah Putih dan berlatar belakang rumah-rumah adat dari beberapa daerah di Indonesia. Google Doodle hari ini memang dimaksudkan untuk menghormati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69.

Sebenarnya ini bukan kali pertama ikut merayakan hari Kemerdekaan RI. Google terhitung telah ikut merayakan hari bersejarah bagi Indonesia ini selama 6 tahun terakhir. Tentunya dengan tampilan Doodle yang berbeda-beda tapi tidak terlepas dari sentuhan Indonesia.

Sejarah Singkat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

17 Agustus 1945, atau tepat 69 tahun yang lalu, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh dua founding father negeri ini, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta. Tanggal ini kemudian dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia tiap tahun.

Sejarah mencatat, penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo di rumah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta.

Penyusunan teks Proklamasi tersebut turut disaksikan oleh Sukarni, BM Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik Sukarni mengusulkan agar yang menandatangi teks Proklamasi itu adalah Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin naskah tersebut dengan menggunakan mesin ketik.

Pada awalnya pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di Lapangan Ikada (sekarang kawasan Monas). Namun, karena alasan keamanan, maka pembacaan teks Proklamasi dipindahkan ke kediaman Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No 56 (sekarang Jalan Proklamasi No 1) pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 10 pagi.

Sejak saat itu, tiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Tiap pagi, Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan diseluruh Indonesia tidak terkecuali di kota sya, Baubau Sulawesi Tenggara, dan pada sore hari akan dilakukan Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih.

Menjelang detik-detik Hari Kemerdekaan Republik Indobesia, yang tiap Tahun jatuh pada tanggal 17 Agustus, setiap warga Indonesia telah mempersiapkan diri untuk menyambut hari bersejarah ini beberapa hari sebelum tanggal 17 Agustus. Di kota sya misalnya, sejak tanggal 11 Agustus lalu telah diselenggarakan lomba Gerak Jalan untuk tiap2 Sekolah, kelurahan bahkan Instansi Pemerintah. Jenis gerak jalan yang diperlombakan ada beberapa di antaranya Gerak Jalan Inti (peserta mengenakan seragam Sekolah), Pramuka dan Karan Taruna. Begitu pula dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, sudah pasti memiliki acara-acara khusus dalam menyambut HUT RI ke-69 ini seperti mengadakan lomba Makan Kerupuk, Panjat Pinang, Tarik Tarik Tambang dan masih banyak lagi.

Semoga dengan genapnya Indonesia berumur 69 Tahun, Negara tercinta kita ini bisa menjadi lebih baik lagi di bawah pimpinan seorang President yang masih terus diperdebatkan. Semoga kelak bisa menjadi salah satu Negara Maju. Amin...


Wassalamu Alaikum wr. wb.

(Sumber : InilahCom)

8 komentar:

  1. Kayanya hari ini seluruh bangsa indonesia dan bangsa blogger ikut merayakan kemerdekaan nih bro :)

    BalasHapus
  2. mbah Google saja merayakan...apalagi kita sebagai bangsa Indonesia...
    dirgahayu negeriku..semoga terbebas dari penjajahan para koruptor...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  3. ya harus ikut merayakan lah....., lha dia dapet duitnya juga dari indonesia jga.....
    =======================
    mengenal kelinci raksasa (FG)

    BalasHapus
  4. Amin gan,moga Indonesia kedepan bisa lebih baik dan bisa merdeka dalam arti yg sebenarnya...:)

    BalasHapus
  5. tuh Bang Chum, Sukarni disebut dua kali loh, hehe.

    BalasHapus
  6. Google emang paling bisa tapi...emang keren seh...ungkapan terimakasih pada rahayat endonesia oleh google emang makjleb bingit ya kang

    BalasHapus
  7. berasa SMA lagi, belajar sejarah kemerdekaan. btw, ada buku sejarah yang mantap nih mas, api sejarah yang nulis ahmad mansur suryanegara, dua jilid :))

    BalasHapus
  8. Hehe berarti indonesia diakui sama mbah google. :D

    BalasHapus